Kamis, 21 Juni 2012

SIMULASI PEDAGOGI DAN ANDRAGOGI

      
Pada hari sabtu,16 Juni 2012 kami melaksanakan simulasi mengenai pedagogi dan andragogi.Hal ini diakukan agar semua mahasiswa mampu membedakan antara pedagogi dan andragogi tersebut.Pada simulsi tersebut kami dibagi menjadi kurang lebih 15 kelompok dan saya menjadi salah satu anggota dari kelompok 9 bersama dengan 2 lagi teman saya yaitu:


PEDAGOGI
Pada simulasi pedagogi kami membuat peran antara guru dan anak didik,dimana guru tersebut sedang mengajari anak didiknya untuk menciptakan kreasi dari hasil melipat kertas origami.Sang guru selalu memberikan arahan dan praktik secara langsung karena anak didiknya masih bersifat bergantung pada guru tersebut.Bisa dilihat dari cara guru itu membantu anak didiknya yang tidak bias menirukan seperti yang dilakukan nya dalam melipat kertas tersebut.
Dari hasil simulasi tersebut dapat disimpulkan bahwa pada pedagogi yang menjadi pusat adalh guru(guru center),karena guru tersebutlah yang lebih aktif dari murid,karena masih begitu bergantung padanya.
ANDRAGOGI
Pada simulasi pedagogi,kami mengambil latar di tempat diskusi tentang psikologi yang dimulai dengan adanya pertanyaan mengenai pengertian psikologi itu,,jadi salah seorang diantara kami ada yang menjadi moderator dan anggota.Anggota disini lebih banyak berpendapat,memberi kritik,sedangkan moderator hanya mengarahkan jalannya diskusi tersebut sehingga peserta terlihat lebih aktif.
Dari hasil simulasi tersebut dapat disimpulkan bahwa pada andragogi yang menjadi pusatnya bukan pengajar melainkan yang diajari(anak didik),disini anak didik lebih aktif dibanding dengan pemgajarnya,dan mereka hanya butuh pengarahan untuk bias melakukan proses belajar tersebut serta tidak begitu tergantung.

Selasa, 12 Juni 2012

kepribadianku....


Tipe Kepribadian ESTJ
The Guardian
ESTJ itu praktis, realistis, dan biasa saja, dengan dorongan alamiah untuk bisnis atau mekanik. Meskipun mereka tidak tertarik pada mata pelajaran yang menurut mereka tidak berguna atau diperlukan. Mereka ingin mengatur dan menjalankan semua rencana dalam sebuah kegiatan. ESTJ adalah administrator yang baik
ESTJ adalah orang yang menyenangkan dan tidak ragu untuk berkomunikasi mengutarakan pendapat dan harapan kepada orang lain.
ESTJ hidup dalam dunia fakta dan kebutuhan. Mereka hidup di masa sekarang, dengan mata mereka terus-menerus memindai lingkungan pribadi mereka untuk memastikan bahwa semuanya berjalan lancar dan sistematis. Mereka menghormati tradisi dan hukum, dan memiliki standar dan keyakinan. Mereka mengharapkan hal yang sama pada orang lain, dan tidak memiliki kesabaran pada orang yang tidak menghargai sistem ini. Mereka menghargai kompetensi dan efisiensi, dan ingin melihat hasil yang cepat untuk usaha mereka.
ESTJ memiliki sebuah visi yang jelas. Mereka percaya diri dan agresif. Mereka sangat berbakat menyusun sistem dan rencana, dan bisa melihat apa langkah-langkah yang perlu diambil untuk menyelesaikan tugas tertentu. Mereka kadang-kadang bisa sangat menuntut dan kritis, karena mereka memiliki keyakinan yang dipegang teguh, dan cenderung untuk mengekspresikan diri. ESTJ ini sangat lurus ke depan dan jujur.
Para ESTJ biasanya merupakan contoh dan pilar masyarakat. Dia mengambil komitmen mereka dengan serius, dan mengikuti standar mereka sebagai “warga negara yang baik”. ESTJ menikmati saat berinteraksi dengan orang, dan suka bersenang-senang.          ESTJ bisa sangat riuh dan menyenangkan di acara-acara sosial, terutama kegiatan yang difokuskan pada keluarga, masyarakat, atau pekerjaan.
                Para ESTJ perlu diperhatikan kecenderungan untuk menjadi terlalu kaku, dan menjadi terlalu berorientasi pada detail. Karena mereka menempatkan banyak berat badan dalam kepercayaan mereka sendiri, penting bahwa mereka ingat untuk menghargai masukan orang lain dan pendapat. Jika mereka mengabaikan sisi Merasa mereka, mereka mungkin memiliki masalah dengan memenuhi kebutuhan lain untuk keintiman, dan tanpa sadar bisa melukai perasaan orang dengan menerapkan logika dan alasan untuk situasi yang menuntut sensitivitas lebih emosional.
Ringkasan: Praktis, realistis, berpegang teguh. Tegas, cepat bergerak untuk melaksanakan keputusan. Pandai mengatur proyek dan berusaha mendapatkan sesuatu, fokus untuk mendapatkan hasil dengan cara yang paling efisien. Menyukai rincian dan rutinitas. Memiliki standar logis, sistematis dan ingin orang lain juga mengikutinya. Kuat dalam melaksanakan rencana mereka.
Kata kunci: Mengatur orang, analitis, pemecahan masalah di tingkat fungsional, mengembangkan dan menjalankan proses dan prosedur.
Karir pekerjaan: Manajemen dan administrasi, penegakan hukum, manajer bisnis, teknisi, produksi.



Jumat, 08 Juni 2012

TUGAS MINI PROYEK 2011/2012


TOPIK           : Peran Teknologi sebagai Media Belajar pada mahasiswa.

JUDUL           : Peran Internet dalam Membantu Mengerjakan Tugas pada Mahasiswa

NAMA KELOMPOK :


PENDAHULUAN
Internet adalah sebuah sistem jaringan komputer global yang saling berhubungan yang menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP / IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.  Internet berfungsi  sebagai sarana mengirim surat (email) , sebagai surat pembelajaran dan pendidikan serta mesin pencari (search engine).
E-mail adalah surat elektronik yang banyak digunakan mahasiswa pada saat pengiriman tugas ke dosen karena ada kalanya dosen tidak meminta hardcopy tetapi melalui softcopy. Email juga dapat digunakan dalam berbagi hal file/ informasi/ slide yang berhubungan dengan bahan mata kuliah.  Surat pembelajaran dan pendidikan juga dapat diterapkan dalam tingkat universitas seperti laporan akademik , beasiswa, e-learning, memberitahu jadwal perkuliahan. Selain itu, mahasiswa juga membutuhkan mesin pencari (search engine) untuk mencari informasi tentang tugas, mengetahui penemuan-penemuan baru, berita-berita terbaru seputar pendidikan, sosial, politik, ekonomi, budaya, dsb.
Internet sendiri memiliki dampak positif, antara lain:
·         membantu mahasiswa dalam mengakses informasi secara cepat.
·         Internet memberikan segala informasi pendidikan yang sangat banyak dan luas, hal ini tentu sangat berguna bagi para mahasiswa dalam menunjang proses belajar mereka.
·         Membantu dalam hal komunikasi jarak jauh.
·         Media hiburan dan lebih mengajak mahasiswa bersosialisasi dengan pengguna yang lain.
·         Informasi yang disajikan di internet lebih menarik dibanding informasi yang disediakan buku sehingga mahasiswa lebih senang membacanya dari internet.

Selain dampak positif, internet juga memiliki dampak negatif, yaitu:
·         Mahasiswa cenderung akan tidak mengingat waktu buat kegiatan yang lain.
·         Kesehatan mata terganggu apabila digunakan dengan waktu lama.
·         Membuka situs yang tidak sepantasnya.

LANDASAN TEORI
Internet adalah alat pembelajaran penting dalam proyek kaya teknologi yang disebut Cooperative Networked Educational Community of Tomorrow (Co-NECT) (Jones, Tasmusen, & Moffit, 1997).
Dari pengertian diatas dapat diartikan internet itu sebagai alat untuk membantu pembelajaran termasuk mahasiswa dalam mengerjakan tugas.

ALAT ATAU BAHAN
Alat dan bahan buku seperti alat tulis, pena, kertas, kamera, laptop, kuisioner.

ANALISA DATA
Data diperoleh berdasarkan hasil pengisian kuisioner dari 50 mahasiswa dengan jumlah pertanyaan di kuisioner.

SUBJEK PENELITIAN
Subjek penelitiannya adalah beberapa mahasiswa/mahasiswi dari USU,UNIMED, UHN, UNIKA, POLMED, AMIK MBP yang berjumlah 50 mahasiswa.

JADWAL PELAKSANAAN  DARI PERENCANAAN HINGGA EVALUASI
JADWAL PELAKSANAAN
No.
Kegiatan
APRIL
MEI
JUNI

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Pemilihan tema


X









2.
Pemilihan judul


X









3.
Diskusi metode pelaksanaan penelitian



X








4.
Pembuatan kuisioner


X









5.
Pengisian kuisioner




X







6.
Diskusi untuk menganalisa data kuisioner





X






7.
Membuat laporan






X





8.
Posting blog







X





















Keterangan :
            17 April 2012  :           Pemilihan tema dan judul
            23 April 2012  :           Persiapan penelitian
            25 April 2012  :           Diskusi metode pelaksanaan penelitian
            17 April 2012  :           Pembuatan kuisioner
5 Mei 2012      :           Pengisian kuisioner
            10 Mei 2012    :           Diskusi untuk menganalisa data kuisioner
            17 Mei 2012    :           Membuat laporan
            27 Mei 2012    :           Posting blog

No.
Kegiatan
Tanggal
Tempat
1.
Pemilihan tema
17 April 2012
Kost Paskha
2.
Pemilihan judul
23 April 2012
Kost Paskha
3.
Diskusi metode pelaksanaan penelitian
25 April 2012
Kost Paskha
4.
Pembuatan kuisioner
17 April 2012
Kost Paskha
5.
Pengisian kuisioner
5 Mei 2012
Kost Paskha, Kost Juni, Gereja Yohana
6.
Diskusi untuk menganalisa data kuisioner
29 Mei 2012
Fakultas Psikologi USU
7.
Membuat laporan
6 Juni 2012
Fakultas Psikologi USU
8.
Posting blog
8 Juni 2012
Rumah masing-masing

KALKULASI BIAYA
1.         Fotokopi kuisioner                              Rp 15.000
2.         Reward untuk partisipan                     Rp 25.000
3.         Biaya tidak terduga                            Rp 10.000 +
JUMLAH                                            Rp 50.000

PELAKSANAAN
            Penyebaran kuisioner dilakukan di kost masing-masing serentak pada tanggal yang sudah di tentukan. Paskha menyebarkan kuisioner di kost nya dan mendapatkan 14 partisipan, Juni juga menyebarkan di kostnya dan mendapatkan 13 partisipan, dan Yohana menyebarkan kuisioner kepada teman-teman gerejanya dan mendapatkan 14 partisipan. Karena jumlah partisipan masih kurang, akhirnya kami memutuskan untuk menyebarkan kepada teman-teman yang ada di kampus sampai akhirnya kuota yang kami harapkan terpenuhi. Setelah itu kami mengambil foto bersama responden. Setelah itu kami berkumpul di kampus untuk berdiskusi dan menganalisa data kuisioner bersama-sama.

PELAPORAN DAN EVALUASI

EVALUASI JADWAL PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN

No.
Kegiatan
Tanggal
Tempat
1.
Pemilihan tema
17 April 2012
Kost Paskha
2.
Pemilihan judul
23 April 2012
Kost Paskha
3.
Diskusi metode pelaksanaan penelitian
25 April 2012
Kost Paskha
4.
Pembuatan kuisioner
17 April 2012
Kost Paskha
5.
Pengisian kuisioner
5 Mei 2012
Kost Paskha, Kost Juni, Gereja Yohana
6.
Diskusi untuk menganalisa data kuisioner
10 Mei 2012
Fakultas Psikologi USU
7.
Membuat laporan
17 Mei 2012
Fakultas Psikologi USU
8.
Posting blog
27 Mei 2012
Rumah masing-masing

KESIMPULAN

       Data diperoleh melalui 50 sampel mahasiswa dari berbagai universitas seperti USU, AMIK MBP, UHN, PolMed, UNIKA, UNIMED:
            Melalui penelitian ini kami menyimpulkan bahwa sebagian besar dari mahasiswa sudah familiar dengan penggunaan internet karena sebagian besar dari mereka sudah memiliki computer pribadi dan alat-alat untuk mengakses internet. Ada juga beberapa mahasiswa yang tidak mempunyai computer  dan memilih alternative lain untuk mengakses internet seperti pergi ke warnet ataupun mengakses internet melalui handphone. Ada mahasiswa yang menggunakan internet setiap hari tetapi lebih banyak mahasiswa yang tidak menggunakan internet setiap hari. Responden merasa bahwa internet cenderung bermanfaat bukan sebagai media hiburan. Responden lebih sering membuka jejaring social seperti facebook, twitter dan lain-lain dibandingkan membuka google. Sebagian besar dari responden sudah sering memanfaatkan fasilitas WiFi yang disediakan untuk menyelesaikan tugas perkuliahan. Oleh karena itu mereka tidak memerlukan terlalu banyak biaya untuk mengakses internet.  Responden lebih suka menggunakan internet untuk mencari tugas dibandingkan menggunakan buku. Hal ini dikarenakan responden merasa bahwa mencari tugas dengan menggunakan internet lebih gampang daripada menggunakan buku. Pengiriman tugas melalui E-mail di kalangan mahasiswa masih merata, ada yang menggunakan dan ada juga yang tidak. Ternyata lebih banyak mahasiswa yang tidak mengatur lamanya pemakaian internet dalam sehari sehingga dapat memudahkan mahasiswa untuk dapat menyaring informasi yang ada di internet dan tidak mempercayai informasi yang ada di internet 100% dan lebih mempercayai informasi yang ada di buku bacaan. Walaupun mahasiswa tidak mengatur pemakaian internet dalam sehari tidak menyebabkan mahasiswa menjadi candu terhadap penggunaan internet. Mahasiswa belum familiar dengan penggunaan blog, G-Talk dan Yahoo Messanger dalam membantu menyelesaikan tugas perkuliahan.

POSTER



TESTIMONI

Kami semua merasa bahwa dengan adanya tugas ini kami mendapatkan wawasan dan pengalaman baru. Tapi kami mengalami sedikit kendala pada saat menarik kesimpulan dimana kami menemui beberapa bias yang terjadi.

Paskha Yohana (11-039) Saya merasa tugas ini membantu saya untuk menambah pengalaman dan mengetahui responden, mendiskusikan hasil dari dari proyek mini ini. Tentu saja kemampuan saya akan keramahan, bersosial dan komunikasi. Kerja sama dengan anggota lainnya juga dibina, menyelesaikan dengan diskusi.

Juniati Siallagan (11-073) Awalnya saya merasa terbebani dengan tugas ini, namun ketika mulai mengerjakannya ternyata tidak sesulit yang saya pikirkan.Yang pertama kami lakukan yaitu membuat pertanyaan, dimana dalam pembuatan pertanyaan ada juga kesulitan dan juga dalam pembagian survey tersebut haruslah memerlukan responden sebanyak 50 orang yang tentu lumayan susah didapatkan dari universitas yang berbeda. Namun dibalik itu semua saya mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dalam pembuatan proyek mini ini yang belum pernah saya lakukan sebelumnya .Selain itu tugas ini menguji kesabaran saya dan teman-teman dalam pembuatan kesimpulan tugas ini.

Yohana Chrisela (11-083) Saya merasa dengan adanya tugas ini Saya mendapatkan pengalaman baru yang belum pernah saya lakukan sebelumnya. Melalui tugas ini, Saya belajar untuk bekerjasama dengan teman-teman sekelompok Saya mulai dari peerencanaan hingga mendiskusikan dan menarik kesimpulan dari proyek mini ini. Ada juga kendala yang saya hadapi yaitu ada beberapa bias yang saya temukan dalam pengisian kuisioner ini sehingga membuat kami sedikit sulit dalam menarik kesimpulan.

 LAMPIRAN 

Kuisioner
Nama                           : .................................................................
Umur                           : ...... tahun
Jenis kelamin               : (   ) Laki-laki  (   ) Perempuan
Nama Universitas                    : …………………………………………
Jurusan                                    : …………………………………………

Berilah tanda centang (√) pada pertanyaan di bawah ini!

NO
PERNYATAAN
PILIHAN
YA
TIDAK
1.
Anda familiar dengan penggunaan internet.


2.
Anda mempunyai komputer pribadi dan alat-alat untuk mengakses internet contohnya modem.


3.
Anda menggunakan internet setiap hari.


4.
Anda sering mengakses internet di warnet.


5.
Anda sering mengakses internet dengan menggunakan handphone.


6.
Anda lebih sering membuka google daripada jejaring sosial seperti facebook, twitter, dll.


7.
Anda merasa internet lebih berguna sebagai media hiburan di bandingkan sebagai mesin pencari (search enginee)


8.
Anda sering mamanfaatkan fasilitas Wi-Fi ditemat yang menyediakan Wi-Fi untuk mengakses internet yang berkaitan dengan tugas perkuliahaan.


9.
Anda lebih suka menggunakan internet dibanding buku saat mengerjakan tugas.


10.
Anda lebih suka mencari tugas dari buku dibandingkan dari internet.


11.
Anda merasa dengan adanya internet Anda menjadi lebih gampang mengerjakan tugas.


12.
Anda sering menggunakan internet untuk mengerjakan tugas.


13.
Anda sering menggunakan E-mail untuk mengirim tugas kepada dosen.


14.
Anda sering menggunakan search enginee untuk mencari tugas.


15.
Anda mengatur lamanya pemakaian internet dalam sehari.


16.
Anda merasakan kegunaan dalam pemakaian internet.


17.
Anda mengalami kecanduan internet.


18.
Anda merasakan menggunakan internet hanya akan mem buang-buang waktu saja.


19.
Anda mengalami kesulitan dalam menyaring informasi dari internet.


20.
Anda membutuhkan banyak biaya untuk mengakses informasi.


21.
Anda memakai internet hanya untuk membuka jejaring sosial saja.


22.
Anda sering memposting pengalaman, info baru di blog anda.


23.
Anda menggunakan G-Talk dan Yahoo messager untuk chatting dengan teman seputar tugas.


24.
Anda mempercayai info di internet 100 %.


25.
Anda lebih mempercayai info yang ada di buku bacaan.



DAFTAR PUSTAKA