Kamis, 21 Juni 2012

SIMULASI PEDAGOGI DAN ANDRAGOGI

      
Pada hari sabtu,16 Juni 2012 kami melaksanakan simulasi mengenai pedagogi dan andragogi.Hal ini diakukan agar semua mahasiswa mampu membedakan antara pedagogi dan andragogi tersebut.Pada simulsi tersebut kami dibagi menjadi kurang lebih 15 kelompok dan saya menjadi salah satu anggota dari kelompok 9 bersama dengan 2 lagi teman saya yaitu:


PEDAGOGI
Pada simulasi pedagogi kami membuat peran antara guru dan anak didik,dimana guru tersebut sedang mengajari anak didiknya untuk menciptakan kreasi dari hasil melipat kertas origami.Sang guru selalu memberikan arahan dan praktik secara langsung karena anak didiknya masih bersifat bergantung pada guru tersebut.Bisa dilihat dari cara guru itu membantu anak didiknya yang tidak bias menirukan seperti yang dilakukan nya dalam melipat kertas tersebut.
Dari hasil simulasi tersebut dapat disimpulkan bahwa pada pedagogi yang menjadi pusat adalh guru(guru center),karena guru tersebutlah yang lebih aktif dari murid,karena masih begitu bergantung padanya.
ANDRAGOGI
Pada simulasi pedagogi,kami mengambil latar di tempat diskusi tentang psikologi yang dimulai dengan adanya pertanyaan mengenai pengertian psikologi itu,,jadi salah seorang diantara kami ada yang menjadi moderator dan anggota.Anggota disini lebih banyak berpendapat,memberi kritik,sedangkan moderator hanya mengarahkan jalannya diskusi tersebut sehingga peserta terlihat lebih aktif.
Dari hasil simulasi tersebut dapat disimpulkan bahwa pada andragogi yang menjadi pusatnya bukan pengajar melainkan yang diajari(anak didik),disini anak didik lebih aktif dibanding dengan pemgajarnya,dan mereka hanya butuh pengarahan untuk bias melakukan proses belajar tersebut serta tidak begitu tergantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar