Joy Paulus Guilford
Nama Kelompok :
Ia menegembangkan pandangan Thurston LL yang mengatakan bahwa kecerdasan bisa digambarkan dalam parameter numerik tunggal dan mengusulkan bahwa tiga dimensi yang diperlukan untuk deskripsi akurat: operasi, konten dan produk sehingga Guilford ditolak oleh Charles Spearman. Guilfrod mendapat gelar sarjana dari University of Nebraska. Sementara di sekolah pascasarjana di Cornell University , 1919-1921, ia belajar di bawah Edward Titchener . Ia melakukan pengujian kecerdasan pada anak. Selama waktu di Cornell, ia juga menjabat sebagai direktur klinik psikologis universitas.
c. Dimensi Operasi
BIOGRAFI
JOY PAULUS GUILFORD
Joy Paulus Guilford lahir
pada tanggal 7 Maret 1897 di Marquette dan meninggal pada tanggal 26 November 1987 di Los Angeles.
Joy Paulus Guilfrod adalah seorang psikolog Amerika yang meneliti tentang inteligen manusia termasuk perbedaan penting antara produksi konvergen dan divergen. Awalnya ia mengamati perbedaan kemampuan di antara anggota keluarganya sendiri pada masa ia kecil.
Joy Paulus Guilfrod adalah seorang psikolog Amerika yang meneliti tentang inteligen manusia termasuk perbedaan penting antara produksi konvergen dan divergen. Awalnya ia mengamati perbedaan kemampuan di antara anggota keluarganya sendiri pada masa ia kecil.
Ia menegembangkan pandangan Thurston LL yang mengatakan bahwa kecerdasan bisa digambarkan dalam parameter numerik tunggal dan mengusulkan bahwa tiga dimensi yang diperlukan untuk deskripsi akurat: operasi, konten dan produk sehingga Guilford ditolak oleh Charles Spearman. Guilfrod mendapat gelar sarjana dari University of Nebraska. Sementara di sekolah pascasarjana di Cornell University , 1919-1921, ia belajar di bawah Edward Titchener . Ia melakukan pengujian kecerdasan pada anak. Selama waktu di Cornell, ia juga menjabat sebagai direktur klinik psikologis universitas.
Dari tahun 1927 sampai 1928, Guilford bekerja di University of Kansas,
setelah itu ia menjadi Associate Professor di University of Nebraska.
Pada tahun 1940 ia diangkat seorang profesor psikologi di University of
Southern California di mana ia tinggal sampai 1967.
Selama Perang Dunia II ,
Guilford bekerja untuk Unit Penelitian Angkatan Udara Amerika Serikat
psikologis, sebagai Direktur Riset Psikologi di Pangkalan Tentara Santa
Ana Air. Ia membentuk Proyek Aptitude di University of Southern
California, dan bekerja pada seleksi dan peringkat trainee aircrew.
Setelah perang Guilford terus bekerja pada tes kecerdasan dengan fokus
terutama pada berpikir divergen dan kreativitas .
Ia mendesain berbagai tes yang mengukur berpikir kreatif. Guilford
pensiun dari mengajar pada tahun 1967 tetapi terus menulis dan
mempublikasikan.
TEORI JOY PAULUS GUILFORD
Guilford melakukan penelitian tentang kreativitas dengan meneliti tentang orang-orang genius pada tahun 1869. Ia mencoba memahami cara kerja fungsi mental para pemimpin dan tokoh – tokoh yang berhasil mengetengahkan ide-idecemerlang.Penelitiannya dianggap sebagai sumbangan yang sangat penting dalam upaya para ahli memahami kreativitas meski tidak berhasil secara penuh untuk menciptakan teori dan definisi yang mantap tentang hal. Guilford mengeluarkan satu model untuk menjelaskan kreativitas manusia bernama Model Struktur Intelek tentang berpikir konvergen dan divergen.
Guilford melakukan penelitian tentang kreativitas dengan meneliti tentang orang-orang genius pada tahun 1869. Ia mencoba memahami cara kerja fungsi mental para pemimpin dan tokoh – tokoh yang berhasil mengetengahkan ide-idecemerlang.Penelitiannya dianggap sebagai sumbangan yang sangat penting dalam upaya para ahli memahami kreativitas meski tidak berhasil secara penuh untuk menciptakan teori dan definisi yang mantap tentang hal. Guilford mengeluarkan satu model untuk menjelaskan kreativitas manusia bernama Model Struktur Intelek tentang berpikir konvergen dan divergen.
Konvergen adalah cara berpikir untuk memberikan satu-satunya
jawaban yang benar sedangkan berpikir divergen adalah pemikiran yang memberikanserangkaian alternatif
jawaban yang beraneka ragam. Ia kemudian berpikir divergen
dikaitkan dengan kreativitas penunjukan itu beberapa
karakteristik:
1.
kelancaran (kemampuan
untuk menghasilkan sejumlah besar ide-ide atau solusi masalah dalam waktu
singkat);
2.
fleksibilitas (kemampuan
untuk secara bersamaan mengusulkan berbagai pendekatan untuk masalah tertentu);
3.
orisinalitas (kemampuan
untuk memproduksi baru, ide-ide asli);
4.
elaborasi (kemampuan
untuk melakukan sistematisasi dan mengatur rincian ide di kepala dan membawanya
keluar).
Guilford
percaya bahwa standar tes kecerdasan tidak mendukung berpikir
divergen, bekerja lebih baik bagi pemikir konvergen.
Model
struktur intelektual (SI) diilustrasikan oleh Guilford dalam
bentuk sebuah kubus dengan masing-masing dimensi mewakili faktor-faktor
intelektual yang bersesuaian satu sama lain.
Dimensi-dimensi tersebut
ialah:
a. Dimensi
Konten
Dimensi ini mencakup
bidang yang luas informasi dalam operasi yang diterapkan. Ini dibagi menjadi
empat kategori, kemudian lima ketika auditori dan visual dipisahkan:
1.
Figural
Informasi yang non-verbal atau
bergambar. Kemudian dibagi menjadi:
a.
Auditory -
Informasi dirasakan melalui pendengaran.
b.
Visual -
Informasi dirasakan melalui melihat.
2.
Simbolik
Informasi dianggap sebagai
simbol atau tanda-tanda yang tidak memiliki makna sendiri, misalnya, angka Arab
atau huruf dari alfabet.
3.
Semantic
Informasi yang dirasakan dalam kata
atau kalimat, baik secara lisan, tertulis, atau diam-diam dalam pikiran
seseorang.
4.
Perilaku
Informasi dianggap sebagai tindakan
individu atau individu.
b. Dimensi
Produk
Seperti namanya dimensi
ini berisi hasil penerapan operasi tertentu untuk isi tertentu. Ada enam jenis
produk yaitu:
1.
Unit : Merupakan satu item informasi
2.
Kelas : Satu set item yang berbagi beberapa atribut.
3.
Hubungan : Merupakan koneksi antara item atau variabel; mungkin
terkait sebagai bertentangan atau dalam asosiasi, urutan, atau analogi.
4.
Sistem : Sebuah organisasi item atau jaringan dengan
bagian-bagian berinteraksi.
5.
Transformasi : Perubahan perspektif, konversi, atau mutasi ke
pengetahuan; seperti membalik urutan huruf dalam sebuah kata.
6. Implikasi : Prediksi, kesimpulan, konsekuensi, atau antisipasi pengetahuan.
6. Implikasi : Prediksi, kesimpulan, konsekuensi, atau antisipasi pengetahuan.
c. Dimensi Operasi
Terdiri dari 5 jenis yaitu :
1.
Kognisi : Kemampuan untuk mengerti, memahami, menemukan, dan
menjadi sadar.
2.
Memori : Kemampuan untuk mengkodekan informasi dan informasi
ingat. Kemudian dibagi menjadi:
·
Rekaman
Memori - Kemampuan untuk mengkodekan informasi.
·
Memori
Retensi - Kemampuan untuk mengingat informasi.
3.
Berbeda
Produksi : Proses
menghasilkan beberapa solusi untuk masalah
4.
Produksi
Konvergen : Proses menyimpulkan solusi tunggal
untuk masalah.
5.
Evaluasi : Proses menilai apakah jawaban yang akurat, konsisten, atau valid.
sumber : http://www.scribd.com/doc/55250755/Inteligensi-dBy-rirn
sumber : http://www.scribd.com/doc/55250755/Inteligensi-dBy-rirn
Tidak ada komentar:
Posting Komentar