Jumat, 16 Maret 2012

psikologi pendidikan dan media pembelajaran


Topik: Psikologi pendidikan dan media pembelajaran

Pertanyaan
1.Apa saja jenis-jenis media pembelajaran?
2.Apa pengaruh serta fungsi diciptakannya berbagai media pembelajaran?

Jawaban:

Media pembelajaran banyak jenis dan macamnya. Dari yang paling sederhana dan murah hingga yang canggih dan mahal. Dalam suatu proses belajar mengajar, dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan.pemilihan salah satu metode mengajar tertentu kan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media, antara lain tujuan pembelajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan siswa kuasai setelah pembelajaran berlangsung, dan konteks pembelajaran termasuk karakteristik siswa. ada berbagai macam media pembelajaran yaitu:

1.media  audio berupa kaset audio, siaran radio, CD, telepon,media cetak berupa buku pelajaran, modul, brosur, leaflet, gambar,media audio cetak berupa audio-cetak berupa kaset audio yang dilengkapi bahan tertulis,media proyeksi visual diam berupa slide,media  proyeksi audio visual diam berupa film bingkai slide bersuara,media   visual gerak berupa film bisu,media   audio visual gerak yakni film gerak bersuara, Video/VCD, Televisi dan masih banyak lagi media pembelajaran yang hingga saat ini media tersebut semakin berkembang.

2. fungsi media pembelajaran,yaitu:
  1. Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.
  2. Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya, dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
  3. Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu.
  4. Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka, serta memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan pengajar, masyarakat, dan lingkungannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar